Pabrik AC Panasonic Terbesar se-Asia Pasifik Ada di Malaysia

Selangor - Panasonic terus menggenjot bisnis utamanya yaitu memproduksi Air Conditioner (AC). Bahkan produk AC merek Panasonic telah diekspor ke 120 negara di dunia.

Menurut Executive Director Panasonic Appliance Air Conditioner Malaysia (PAPAMY) Company Silvaraju sebanyak 51% produk AC Panasonic diekspor ke Asia sedangkan Indonesia hanya 4%.


Pabrik AC Panasonic tersebut berlokasi di Malaysia tepatnya di Area Industri Shah Alam, Selangor Malaysia. Dipilihnya tempat yang berjarak 30 menit dari Kuala Lumpur karena menurut Silvaraju tempat ini sangat strategis untuk mengembangkan bisnis.


DetikFinance beserta rombongan media lainnya berkesempatan mengunjungi pabrik pembuatan AC Panasonic terbesar se-Asia Pasifik, mampu memproduksi 3 juta set AC dalam setahun.


"Luas lahan hampir 200 ribu meter persegi tepatnya 198 ribu lebih dengan luas bangunan 152 ribu meter persegi," tutur seorang pemandu Khilal di Panasonic Appliance Air Conditioner Malaysia (PAPAMY) di Area Industri Shah Alam, Selangor Malaysia, Senin (10/06/2013).


Khilal menuturkan mesin yang banyak digunakan adalah buatan Jepang. Sedangkan mesin pendukung lebih banyak didapat dari negara Eropa.


"Hampir 80% mesin di sini adalah buatan Jepang. Kita juga punya 43 mesin injeksi dengan konsumsi-konsumsi energi listrik hemat hingga 30%. Selebihnya mesin pendukung dari Eropa," katanya.


Dengan menggunakan tenaga kerja hingga 4.000 karyawan, pabrik ini dapat memproduksi AC maksimal 16.000 set/hari atau 1 tahun bisa didapat 3 juta set AC. Untuk kompresor diproduksi 20.000 unit atau 6 juta set/tahun dan produk outdor 12.000 unit/hari. Kemudian di tempat ini juga diproduksi 25-30 set/hari untuk VRF/FSV Air Conditioner.


Selain itu, para media juga diajak berkunjung ke Panasonic Appliance Air Conditioning R and D Malaysia (PAPARADMY 2). Tempat ini dijadikan tempat untuk mengumpulkan ide dari perusahaan mulai dari ide, teknik dan implementasi. Setelah itu awwak media diajak masuk ke dalam ruang dingin dengan suhu di bawah 15 derajat celsius.


(wij/hen)