Properti Melonjak, Pasar AC di Jakarta Ikut Melesat

Selangor - Pasar properti di Jakarta yang terus tumbuh berdampak pada peningkatan permintaan Air Conditioner (AC). Hal ini dialami oleh produsen elektronika seperti Panasonic.

PT Panasonic Gobel Indonesia membidik Jakarta jadi pusat pemasaran AC pintar mereka. Produk Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Heribertus Ronny Ardiyanto beralasan dibidiknya Jakarta karena pertumbuhan properti yang dinilainya cukup pesat.


"Tahun 2013 ini diperkirakan produksi AC Panasonic di Indonesia naik 30% atau total sebanyak 600.000 produk AC berbagai jenis. Target penjualan di Indonesia tahun 2013 untuk ECONAVI sendiri total 130.000 unit. Penjualan paling tinggi ada di Pulau Jawa. Namun untuk sisi penjualan potensi paling besar di Jakarta yaitu 73% karena pertumbuhan properti yang besar juga," ungkap Ronny saat berdiskusi dengan media di Panasonic Appliance Air Conditioner Malaysia (PAPAMY) di Area Industri Shah Alam, Selangor Malaysia, Senin (10/06/2013).


Selain itu, ia juga menuturkan bahwa produk AC Inverter ECONAVI sudah dikenal dan diterima masyarakat. Oleh karena itu pihaknya akan terus menggenjot penjualan walaupun harga AC ini di pasaran jauh lebih mahal 30-40% ketimbang merek lain.


"Tren AC pintar ini cukup dikenal karena teknologinya unik dan tidak dimiliki merek lain. Apresiasi masyarakat sangat menerima produk ini. Padahal harganya 30-40% dari merek lain," katanya.


Namun dengan kuatnya permintaan masyarakat, Ronny mengakui bahwa kapasitas produksi AC Panasonic di Indonesia masih minim. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen, pihaknya mendatangkan produk AC Panasonic impor salah satunya dari Malaysia.


"Perbandingannya produksi lokal kita itu hanya 40%, 60% produk Inverter ECONAVI lebih banyak yang impor. Selain itu kalau yang diproduksi di Indonesia hanya 3 model sedangkan impor itu bisa 7 model," cetusnya.


Produk AC pintar (Inverter ECONAVI) buatan Panasonic tidak hanya hemat energi listrik, namun dapat membunuh kuman, virus sampai jamur hingga 99%.


"AC Inverter ECONAVI kita dapat membunuh virus di udara dan di dalam ruang. Termasuk virus influenza (H1N1), bakteri dan jamur hingga 99%," kata Ronny.


AC pintar Inverter ECONAVI dilengkapi dengan inovasi teknologi Nano G yang berfungsi memurnikan udara sehingga pengguna mendapatkan udara yang lebih sehat untuk dihirup. Nanoe G ini mampu membunuh dan melumpuhkan virus, bakteri dan jamur baik di dalam maupun di luar ruangan.


Dengan Ion generator pada indoor unit, menghasilkan 3 triliun partikel halus Nanoe G yang mampu membunuh dan melumpuhkan sejumlah virus termasuk virus influenza H1N1, bakteri dan jamur hingga 99%.


(wij/hen)