Jokowi Sudah Bertemu Jakarta Monorail, Apa Hasilnya?

Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini menggelar pertemuan dengan PT Jakarta Monorail, yang juga membawa rombongan investor asal Tiongkok, China Communication Construction Company Ltd (CCCC) dan operator transportasi asal Singapura, SMRT. Apa hasil dari pertemuan itu?

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan masih banyak masalah yang belum bisa dipecahkan. Karena masalahnya sangat teknis, Jokowi meminta Jakarta Monorail menyediakan laporan secara detil.


"Stasiun letaknya di mana? Kalau letaknya di lokasi itu misalnya, tiangnya memakan lahan siapa? Lahan publik,‎ trotoar atau lahan orang lain? Memungkinkan tidak? Desain-desain itu yang masih kita pertanyakan," kata Jokowi ditemui di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (20/8/2014).


Selain meminta detail perencanaan, Jokowi juga meminta detail mengenai pendanaan proyek yang sudah dicanangkan hampir satu tahun lalu itu.


Meski monorel ini akan dibangun melayang, namun tetap saja kaki relnya akan menapak di tanah. Sehingga, kata Jokowi, harus dipikirkan pembebasan lahannya.


"Kan tetap di atas masak kakinya melayang sendiri, itu yang belum. Kalau kakinya ditaruh di trotoar nanti trotoarnya buntet sama tiangnya, makanya saya tanyakan. Karena itu kan lahan publik, misalnya make trotoar tiangnya, kamu mau pas jalan di situ nabrak tiang," ujar Jokowi.


(ang/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!