PLN Undang Kontraktor Garap 'Tol Listrik ' Sumatera Tahap I

Jakarta -Untuk memenuhi pertumbuhan permintaan listrik dan menyokong pertumbuhan ekonomi, PT PLN (Persero) terus memacu pembangunan infrastruktur kelistrikan. Salah satunya adalah rencana pembangunan jaringan listrik 500 kilo Volt (kV) di sepanjang sisi timur pulau Sumatera.

Menurut siaran tertulis perseroan yang dikutip Rabu (20/8/2014), jaringan transmisi tegangan ekstra tinggi ini akan berfungsi sebagai 'tol listrik' Sumatera.


Untuk tahap pertama, akan dibangun lima ruas transmisi 500 kV Sumatera yaitu:



  • Ruas New AurDuri-Perbatasan (Jambi-Riau) (Lot-1)

  • Ruas New AurDuri-Perbatasan (Jambi-Riau) (Lot-2)

  • Ruas Perbatasan (Jambi-Riau)-Rengat

  • Ruas Rengat-New Garuda Sakti (Lot-1)

  • Ruas Rengat-New Garuda Sakti (Lot-2)


Jaringan transmisi yang akan dibangun akhir 2014 dan ditargetkan mulai beroperasi 2017 ini akan membentang sepajang 360 km sirkuit (kms) dari Aur Duri (Jambi) hingga Garuda Sakti (Riau).

Jaringan transmisi ini akan menyalurkan listrik dari beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang saat ini sedang dibangun di antaranya PLTU Jambi kapasitas 2x400 Mega Watt (MW), PLTU Sumsel 6 kapasitas 2x300 MW, dan PLTU Sumsel 7 kapasitas 2x150 MW.


Pembangunan jaringan transmisi ini akan memperkuatan sistem kelistrikan Sumatera dan juga secara signifikan akan mengurangi pemakaian BBM sebagai bahan bakar pembangkit listrik.


Saat ini PLN membuka undangan pra kualifikasi pembangunan transmisi 500 kV Sumatera tahap pertama yang terdiri dari lima paket pekerjaan ini. Undangan ini terbuka bagi para developer nasional yang berkompeten dalam pembangunan transmisi listrik tegangan tinggi. Next


(rrd/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!