Dahlan Iskan: BUMN Setingkat Pertamina, Dirutnya Diputuskan Presiden

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyerahkan keputusan pergantian dan penunjukan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) kepada presiden. Apakah Presiden SBY atau presiden baru yang besok diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK).

Karen Agustiawan telah mengajukan permohonan pengunduran diri dan akan resmi berhenti sebagai Dirut Pertamina mulai 1 Oktober 2014.


"Untuk setingkat Pertamina sebaiknya diputuskan bapak presiden. Apakah presiden sekarang atau presiden yang besok diputuskan oleh MK untuk membuat keputusan," kata Dahlan saat ditemui di Lobi Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (20/8/2014).


Karen merupakan Dirut Pertamina dengan masa jabatan terpanjang setelah reformasi 1998.


Sejak 2009, Karen ditunjuk Menteri BUMN saat itu, Sofyan Djalil, untuk menjadi pimpinan tertinggi di BUMN migas tersebut. Tahun lalu, Menteri BUMN Dahlan Iskan memperpanjang masa jabatan Karen.


Namun Karen sudah berkali-kali mengajukan pengunduran diri kepada Dahlan, dan sering ditolak. Untuk kali ini, Dahlan tak lagi mampu menolak pengunduran diri Karen.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!