Mau Ikut Simulasi Tes CPNS Terbaru? Datang ke Sini

Jakarta -Hari ini, proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai. Pemerintah akan menggunakan bantuan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam proses penerimaan CPNS tahun ini.

Oleh karena itu, pemerintah mengadakan acara simulasi CAT di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta. Agenda ini dimulai dengan talkshow, sementara simulasi akan diadakan pada pukul 12.00 WIB.


"Acara ini adalah sosialisasi sekaligus peluncuran sistem CAT online untuk seleksi PNS. Dimulai dengan talkshow, nanti simulasi CAT dimulai agak siang sekitar jam 12.00," tutur salah seorang panitia bernama Ira kepada detikFinance di lokasi, Rabu (20/8/2014).


Dalam acara talkshow, Eko Sutrisno, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), menyatakan bahwa simulasi ini bertujuan agak para peserta terbiasa menggunakan CAT. "Simulasi ini bukan untuk bocoran, melainkan untuk latihan agar para peserta terbiasa dengan sistem CAT," tuturnya.


Sistem CAT, lanjut Eko, akan digunakan untuk Test Kemampuan Dasar (TKD). "Setelah TKD akan ada TKB (Test Kemampuan Bidang) di masing-masing instansi," ujarnya.


Namun, tambah Eko, tidak semua instansi menyelenggaran TKB. "Untuk kementerian/lembaga di pusat, mayoritas ada TKB. Tapi di daerah ada yang tidak," katanya.


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!