Akhir 2014, Bayar Tol Tak Hanya Pakai e-Toll Card

Jakarta -Tiga Bank BUMN yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) perihal pemanfaatan electronic data capture (EDC) bersama.

Selain dapat melakukan transaksi non tunai di toko-toko menggunakan kartu kredit dan debit, nantinya masyarakat pemegang fasilitas uang elektronik dari tiga bank ini juga bisa melakukan pembayaran tol mulai akhir tahun. Artinya pada akhir 2014, pembayaran tol non tunai tak hanya memakai e-Toll Card yang dikelola oleh Bank Mandiri saja.


"Ditargetkan, akhir tahun 2014 ini sudah bisa dimanfaatkan bersama. Jadi nanti BRIZZI punya BRI dan TapCash-nya Bank BNI sudah bisa untuk bayar tol," kata Senior VP Eletronic Banking Bank Mandiri Rahmat Broto Triaji di Gandaria City, Jakarta, Senin (18/8/2014).


Rahmat mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu tanggapan atas penawaran bisnis yang diajukan Bank Mandiri terhadap Bank BNI dan BRI terkait pemanfaatan uang elektronika untuk pembayaran tol ini.


"Masih proses negosiasi. Nanti akan kita bicarakan lagi model bisnisnya seperti apa? Sharing investasinya seperti apa? Dan seterusnya, itu yang sedang kita bicarakan," terangnya.


Hasil negosiasi ini, lanjut dia, nantinya akan dibawa ke para operator jalan tol yang sudah menerapkan sitem pembayaran elektronika, untuk selanjutnya diterapkan penggunaannya oleh dua Bank lainnya, selain Bank Mandiri.


"Karena operator ini kan ada beberapa. Nanti akan kita (Bank Mandiri) sampaikan bahwa ada dua Bank yang mau masih untuk pembayaran tol elektronika ini. Detil bisnisnya seperti apa, nanti dibicarakan bersama," tuturnya.Next


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!