Dirut Pertamina Karen Mundur, CT: Saya Tahu Persis Tak Ada Tekanan

Jakarta -Pada hari ini, Menko Perekonomian Chairul Tanjung memberikan penjelasan soal rencana mundurnya Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mulai 1 Oktober 2014. Tak ada tekanan politik yang menyebabkan mundurnya Karen.

Pria yang akrab disapa CT ini mengatakan, Karen sudah berkali-kali mengajukan pengunduran diri dengan alasan pribadi.


"Jadi beliau tidak mengundurkan diri karena alasan politis. Apalagi tekanan dari pemerintah. Saya tahu persis tidak ada tekanan atau apapun, dan hal-hal terkait dengan Pertamina. Apalagi dikaitkan dengan yang berbau politik dan kebijakan ekonomi," tutur CT di kantornya, Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (20/8/2014).


Surat pengajuan pengunduran diri Karen telah disampaikan kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan, sebagai pemegang kuasa rapat umum pemegang saham (RUPS), dan ditembuskan kepada Dewan Komisaris Pertamina.


"Ibu Karen telah menjadi direksi selama 6,5 tahun. Satu tahun beliau direktur Hulu dan 5,5 tahun sebagai Dirut," jelas CT.


CT mengatakan, Karen ingin punya waktu lebih banyak untuk mengurus keluarganya dan mengajar di Universitas Harvard, Boston, Amerika Serikat (AS).


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!