Dahlan Iskan: Karen, Dirut Pertamina yang Terpanjang Masa Jabatannya

Jakarta -Mulai 1 Oktober 2014, Karen Agustiawan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Karen merupakan Dirut Pertamina dengan masa jabatan terpanjang.

Sejak 2009, Karen ditunjuk Menteri BUMN saat itu, Sofyan Djalil, untuk menjadi pimpinan tertinggi di BUMN migas tersebut. Tahun lalu, Menteri BUMN Dahlan Iskan memperpanjang masa jabatan Karen.


Namun Karen sudah berkali-kali mengajukan pengunduran diri kepada Dahlan, dan sering ditolak. Untuk kali ini, Dahlan tak lagi mampu menolak pengunduran diri Karen.


"Bu Karen termasuk Dirut Pertamina yang terpanjang masa jabatannya setelah reformasi, karena dulu sering ganti-ganti dirut. Setiap beberapa bulan ganti," ujar Dahlan di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (18/8/2014).


Kenapa Dahlan selama ini menahan Karen mundur? Mantan Dirut PLN ini mengatakan, dirinya mengatakan, dia ingin Pertamina stabil dan membangun budaya perusahaan yang kuat. Bila sering berganti pimpinan, maka budaya perusahaan di Pertamina akan sulit dibangun.


"Perusahaan seperti Pertamina, masa jabatan dirut yang panjang diperlukan. Kalau sering pergantian dia tidak stabil. Kan Pertamina terkenal dengan seringnya ganti-ganti dirut," ungkap Dahlan.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!